, 21 April 2011
INSPAIRING FIGURE (Tokoh Sumber Inspirasi)

Jatinangor, 21 April 2011

Tema sentral serangkaian peringatan hari Kartini tahun 2011, yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan LAN RI bertempat di PKP2A I LAN Jawa Barat, Jatinangor adalah “ Semangat Kartini Sebagai Inspirasi dalam Meningkatkan Peranserta Anggota Dharma Wanita Persatuan LAN RI”. Kegiatan tersebut secara phylosophy adalah bentuk nyata dari kekeluargaan dilingkungan LAN RI yang tetap harus kita pertahankan dan jaga. Di samping itu, barangkali yang terpenting adalah bahwa peranan wanita dalam meneruskan perjuangan Kartini bukan hanya perjuangan hak dan derajad, tetapi sebagai seorang ibu dan calon ibu akan tetap menjaga akhlak dan budipekerti dilingkungan terkecil yaitu keluarga. Jika kita memahami tokoh perempuan dan bertujuan untuk membangun harkat dan martabat perempuan saat ini maka Kartini lah contoh yang tepat sebagai ‘inspairing fugure’ (tokoh sumber inspirasi), demikian inti sambutan ketua Dharma Wanita Persatuan LAN RI Hj. Sri Astuti A. Rewansyah dalam kata sambutan pembukaan peringatan Kartini Dharma Wanita Persatuan LAN.

Rangkaian peringata R.A. Kartini Tahun 2011 berlangsung tanggal 19 – 21 April 2011, dengan rincian kegiatan sebagi berikut:

Tanggal 19 April merupakan acara tak kenal maka tak sayang dengan kegiatannya adalah ”malam perkenalan pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan LAN masing-masing daerah” , yang dikemas dalam bentuk tarian daerah, nyanyian lagu-lagu daerah, dll; yang menarik utusan dari PKP2A III LAN Samarinda cara nya dengan memberikan doorprize, nama barang diletakkan di kursi bagian bawah peserta tanpa diketahui oleh peserta.

Tanggal 20 April, kegiatan diawali dengan snam pagi bersama anggota Dharma Wanita Persatuan LAN dan peserta Diklapim Tk. II Angkatan 30 kelas D. Pada pukul 06.00 WIB. Dilanjutkan dengan acara berturut-turut berupa:

1. Bazar yang diikuti oleh anggota DW Persatuan LAN, dan ada beberapa institusi lain bertempat di lobby Graha Serbaguna dan sebagian di dalam gedung (selama dua hari);

2. Perlombaan-perlombaan, yang waktu pelaksanaannya bersamaan antara lain perlombaan:

+ Karaoke, kategori anggota Dharma Wanita dan Karyawati PKP2A I LAN Jabar dan STIA LAN Bandung

+ Kerudung cantik, kategori anggota Dharma Wanita dan Karyawati PKP2A I LAN Jabar dan STIA LAN Bandung

+ Membuat rujak yang pesertanya adalah kaum pria (emansipasi), para pimpinan dan Karyawan PKP2A I LAN Jabar dan STIA LAN Bandung

Tanggal 21 April merupakan acara puncak peringatan hari Kartini tahun 2011, dengan menyajikan acara:

Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan penyelenggaraan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan LAN Jawa Barat, sambutan Pembina Dharma Wanita Bapak Aswami Rewansyah, acara pokok: ceramah Pembina PKK Provinsi Jawa Barat oleh Hj. Netty Prasetyani Heryawan, M.Si (isteri Gubernur Jawa Barat), dan diakhiri dengan ceramah oleh K.H. Duddy Muttaqin; dilanjutkan foto bersama kemudian makan siang bersama.

Dalam ceramah yang disampaikan Hj. Netty Heryawan, peran perempuan dalam kelompok utama dapat dilihat dalam : Peranan Ideologis, Peranan Edukatif, Peranan Estetika, Peranan Sosial, dan Peranan Reposisi. Sementara KH Duddy M. Mengemukakan bahwa peranan kaum perempuan sangat menetukan kehidupan rumah tangga, bangsa , dan negara.

Acara dilanjutkan kembalai setelah isoma, dengan acara pengumuman para pemenang perlombaan dan penutupan, serta ramah tamah. yrw-ph