, 07 Maret 2011
PENYERAHAN SERTIFIKAT AKREDITASI BADAN DIKLAT PROVINSI SULAWESI UTARA
Penyerahan Sertifikat Akreditasi Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 3 Maret 2011 di Manado, penyerahan tersebut diberikan oleh Kepala LAN dan diterima oleh Gubernur Sulawesi Utara Dr. H.S. Sarundayang, dan dilanjutkan penyerahan Akreditasi dari Gubernur kepada Kepala Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ibu Diah Anggraeni dan Kepala Badan Diklat Kemendagri Ir. Tarmizi A. Karim.

Penyerahan Sertifikat Akreditasi tersebut dilaksanakan bersamaan dengan acara Rakor Diklat Teknis Kepala Badan Diklat seluruh Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 2 ? 5 Maret 2011 bertempat di Swis Bell Hotel Manado.

Penyerahan Sertifikat Akreditasi tersebut didasarkan kepada Keputusan Kepala LAN Nomor 3046/I/1/9/2010 tentang Penetapan Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara sebagai Diklat Pemerintah Terakreditasi.

Adapun Diklat yang diakreditasi adalah :
  1. Diklat Prajabatan Golongan I dan II dengan Akreditasi C dengan masa berlaku 2 (dua) tahun;
  2. Diklat Prajabatan Golongan III dengan Akreditasi C dengan masa berlaku 2 (dua) tahun;
  3. Diklat Kepemimpinan Tingkat III dengan Akreditasi B dengan masa berlaku 3 (tiga) tahun;
  4. Diklat Kepemimpinan Tingkat IV dengan Akreditasi B dengan masa berlaku 3 (tiga) tahun.

Penyerahan Akreditasi ini adalah merupakan Akreditasi yang kedua atau merupakan Akreditasi Ulang (Re-Akreditasi). Akreditasi pertama diberikan pada tahun 2004. Akreditasi Ulang ini merupakan hasil dari monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh LAN selaku instansi Pembina Diklat. Dengan penyerahan Akreditasi ini (Re-Akreditasi), maka Keputusan Kepala LAN Nomor 475N/I/10/8/2004 dinyatakan tidak berlaku.

Sebagai Lembaga Diklat Pemerintah Terakreditasi, Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara selain dapat menyelenggarakan Diklat tersebut di atas, Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara juga dapat melakukan penjaminan mutu terhadap lembaga Diklat Pemerintah Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Sulawesi Utara yang belum terakreditasi.

Sebagai Lembaga Diklat Pemerintah Terakreditasi, Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara akan dimonitor, dievaluasi dan ditinjau secara berkala sesuai ketentuan yang berlaku oleh Lembaga Administrasi Negara sebagai Instansi Pembina Diklat. (Bambang Giyanto)