Selasa, 17 April 2012
Bumi Cendrawasih Memerlukan LAN

Rapat lintas instansi yang membahas mengenai pentingnya pembangunan dan pengembangan kapasitas SDM Aparatur di Papua menyimpulkan suatu pernyataan bahwa LAN diperlukan kehadirannya di sana. LAN yang secara tugas dan fungsi memiliki kewenangan dalam pembinaan diklat aparatur secara nasional, dirasa sangat tepat untuk dapat mendorong percepatan pembangunan di wilayah Papua. Dengan memperhatikan karakteristik serta kultur yang khusus, LAN diharapkan dapat memberikan sesuatu yang khusus pula, sehingga salah satu dari komitmen nasional ini dapat segera diwujudkan.

Latar belakang lain dari diperlukannya LAN di Papua juga disebabkan karena LAN pada tahun 2009 telah memiliki inisiatif dalam pembentukan Pusat Kajian dan Pelatihan dan Pendidikan Aparatur (PKP2A) di sana, meskipun belum terealisasi. Hal inilah yang kemudian mendorong Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) yang dibentuk oleh Presiden, untuk mengajukan surat ke LAN.

Rapat yang berlangsung lebih kurang 2 jam ini, juga telah menyinggung strategi-strategi serta persiapan dalam percepatan pembangunan wilayah Papua termasuk dari sisi anggaran yang dalam hal ini dari Bappenas juga telah memberikan langkah-langkah agar program ini dapat diwujudkan.

Rapat yang diinisiasi oleh Sekretariat Wakil Presiden ini digelar di Gedung Sekretariat II Lantai 4 Sekretariat Wakil Presiden (17/04) dihadiri jajaran Eselon 1-2 dari LAN, Kementerian PAN & RB, UP4B, dan Bappenas. (vw)