Kamis, 28 Juli 2011
Penutupan Diklatpim Tingkat I Angkatan XXI

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Asmawi Rewansyah, M.Sc secara resmi menutup Diklatpim Tingkat I Angkatan XXI (27/7) di Jakarta. Diklatpim Tingkat I diikuti oleh 30 orang pejabat eselon I dan eselon II yang akan dipromosikan setingkat lebih tinggi yang berasal dari Instansi Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan mengambil tema “Penguatan Sinergi Pemerintah-Masyarakat-Dunia Usaha Dalam Mewujudkan Pencapaian Pembangunan Yang Berkeadilan”. Tema tersebut didasari atas peran yang saling melengkapi dan menguatkan dari masing-masing pilar tersebut. Pemerintah berperan sebagai fasilitator dengan menciptakan lingkungan politik dan hukum yang kondusif. Dunia Usaha sebagai pelaku ekonomi akan lebih banyak menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan melalui penciptaan barang dan jasa. Sedangkan Masyarakat berpartisipasi dalam aktivitas sosial, ekonomi dan politik serta mengembangkan dan menjaga rules of ethics yang baik dalam interaksi sosial, ekonomi dan politik.

Dari penyelenggara, Kapusdiklat Spimnas Bidang Kepemimpinan, Drs. Makhdum Priyatno, MA. mengatakan bahwa tujuan dari Diklatpim Tingkat I antara lain meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap arif dan bijak untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara professional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansinya serta menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Sedangkan kurikulum Diklatpim Tingkat I Angkatan XXI berpedoman pada Keputusan Kepala LAN No. 542/XIII/10/6/4/2001 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat I, disusun sebagai berikut:

1. Kajian Falsafah Paradigma Pembangunan dan Kepemimpinan Nasional
2. Kajian Sistem Manajemen Pemerintahan dan Pembangunan
3. Kajian Strategi dan Kebijakan Pembangunan
4. Aktualisasi

Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat I ini berlangsung selama 10 (sepuluh) minggu, dimulai pada hari Selasa, tanggal 24 Mei 2011 s.d. Rabu, 27 Juli 2011 bertempat di PPLPN LAN, Jl. Administrasi II Pejompongan, Jakarta Pusat. (alam/ph)