Rabu, 27 Juli 2011
103 PEJABAT IKUTI DIKLAT MANAJEMEN KONTRAK

Sestama Lembaga Administrasi Negara, Drs. Panani, MA, didampingi Kepala Pusat Diklat Spimnas Bidang Teknik Manajemen dan Kebijakan Pembangunan (TMKP) membuka Diklat Manajemen Kontrak dan Penyelesaian sengketa kontrak dalam Pengadaan Barang/jasa pemerintah, Senin, 25 Juli 2011 bertempat di Kampus Pusat Pendidikan dan Latihan Pegawai Negeri (PPLPN) LAN Pejompongan Jakarta Pusat.

Peserta diklat Manajemen Kontrak dan Penyelesaian sengketa kontrak dalam Pengadaan Barang/jasa pemerintah ini berjumlah 103 orang yang berasal dari Pemerintah pusat 33 orang, pemerintah provinsi 20 orang, pemerintah kabupaten/kota 32 orang, rumah sakit 8 orang dan unsur legislatif/DPRD berjulah 10 orang. Sementara itu penyelenggaraan diklat ini akan berlangsung selama 4 (empat) hari mulai tnaggal 25 Juli 2011 sampai dengan 28 Juli 2011.

Diklat ini penting, mengingat masih banyak permasalah yang terjadi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah, sehingga masih sering muncul berita di media massa beberapa pejabat pemerintah tersangkut masalah hukum dalam penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Oleh sebab itu LAN sebagai instansi yang mempunyai tugas pokok dan fungsi meningkatkan kualitas SDM aparatur perlu memberikan bekal kemampuan dibidang Manajemen Kontrak pengadaan barang dan jasa pemerintah dan kemampuan dalam penyelesaian sengketa kontrak pengadaan barang /jasa.

Kapus Diklat Spimnas Bidang TMKP Lembaga Adminstrasi Negara, Drs. Sigit Purwanto, MM. Menegaskan bahwa setelah mengikuti diklat ini para peserta diharapkan mampu memahami manajemen kontrak, teknik penyusunan kontrak dan mengaplikasikan teknik penyusunan kontak dalam pengadaan barang dan jasa. Disamping itu para peserta juga diharapkan dapat memahami upaya mengantisipasi terjadinya sengketa kontrak serta memahami mekanisme penyelesaian sengketa kontrak pengadaan barang/jasa pemerintah.

Agar para peserta mampu memahami hal-hal tersebut maka selama mengikuti diklat para peserta akan dibekali dengan berbagai materi yang berkaitan dengan Aspek hukum kontrak, ketentuan umum pengadaan barang/jasa, penyusunan dan penandatanganan kontrak, persiapan pelaksanaan kontrak, perubahan kontrak, penghentian dan pemutusan kontrak, serta materi yang berkaitan dengan serah terima pekerjaan. Materi ini disampaikan oleh para praktisi dan pakar dari berbagai instansi yang secara fungsional menangani substansi yang terdapat dalam mata diklat tersebut. (Aset)