Local Government Capacity for Business Indeks Award 2017 Featured

Jakarta – Kapasitas pemerintah daerah dalam mendorong tumbuhnya iklim usaha yang kondusif memegang peran penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk itu diperlukan dukungan kebijakan berbasis data dan fakta agar arah kebijakan yang diambil sesuai dengan sasaran yang ditetapkan.

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si mengatakan, di era otonomi daerah seperti sekarang ini, peran pemerintah daerah untuk dapat menarik investor sangat penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Daerah saat ini tentu berlomba-lomba untuk meningkatkan daya saingnya dalam rangka menarik investasi. Harapannya tentu roda perekonomian berjalan dengan adanya investasi,” jelasnya saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Local Government Capacity For Business Award 2017, di Mezzanine Room, Hotel Arya Duta, Senin (18/12).

Menurut Kepala LAN, dukungan pemerintah daerah dalam mendukung iklim usaha harus didasari oleh instrumen kebijakan yang tepat. Dengan demikian para pembuat kebijakan dapat menentukan kebijakan yang tepat untuk mengarahkan kebijakan didaerahnya pada dukungan peningkatan daya saing.

Sementara itu, Deputi Bidang Kajian Kebijakan LAN Dr. Muhammad Taufiq DEA mengatakan, local government capacity for bussines award diberikan dalam rangka memberikan apresiasi kepada para Kepala Daerah yang memiliki komitmen mendorong iklim usaha di daerahnya.

Ada empat Kepala Daerah dari 12 nominasi yang dinilai mampu menciptakan iklim usaha yang kondusif berdasarkan Indeks Kapasitas Pemerintah Daerah  di antaranya : Kota Surabaya, Kota Pontianak, Kabupaten Siak dan Kabupaten Demak. (fateha/budiprayitno)

Last modified on Kamis, 04 Januari 2018 04:26