ASN Penting Memanfaatkan Teknologi Informasi Featured

Jakarta - Teknologi pendukung kinerja pemerintahaan semakin tinggi. Sayangnya masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) enggan mengikuti perubahan pola kerja berbasis teknologi tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, perkembangan teknologi ini perlu diikuti oleh para ASN agar bisa dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan publik yang baik.

High tech harus diikuti pula dengan high touch. Teknologinya tinggi, maka sentuhan kita terhadap teknologi harus tinggi juga. Tidak mungkin teknologinya tinggi kitanya low touch” kata Asman saat memberikan sambutan dalam Pelepasan Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat I Angkatan XXXVII di Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN Pusat, Jakarta, Kamis (30/11).

Menurut dia, perkembangan teknologi informasi membutuhkan aparatur yang selalu cepat dan tanggap dalam mengantisipasi perubahan. Apalagi penggunaan teknologi juga menjadi salah satu kunci untuk mendongkrak daya saing SDM aparatur yang saat ini semakin ketat. 
"Tak ada cara lain selain setiap individu dan lembaga harus meningkatkan kapasitasnya. Jangan terlena dengan cara lama, kita harus mengikuti pola kinerja jaman sekarang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si mengatakan, upaya pemerintah untuk meningkatkan profil ASN yang berkompeten terus dilakukan.

Menurut dia, keluarnya UU ASN dan PP tentang manajemen PNS memberikan kewenangan penuh terhadap LAN untuk mengembangkan kemampuan ASN seluruh Indonesia.

“Beberapa langkah telah dilakukan LAN dalam memperbarui pola diklat aparatur antara lain memperbarui sistem kurikulum, metode pengajaran serta prasarana dan sarana diklatnya. Saya berharap para peserta selalu menjadi agen perubahan di intansi masing-masing serta mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik di negeri ini,” pungkasnya. (choky/budiprayitno)

 

 

Last modified on Rabu, 06 Desember 2017 09:55